Katika hendak berziarah ke kuburan, berikut doa yang bisa diamalkan: “ASSALAMU ’… | Astaghfirullah

Katika hendak berziarah ke kuburan, berikut doa yang bisa diamalkan:
“ASSALAMU ’ALAIKUM AHLAD-DIYAAR MINAL MU’MINIIN WAL MUSLIM, WA INNA INSYAA ALLOOHU BIKUM LA-LAAHIQUUN, WA AS-ALULLOOHA LANAA WALAKUMUL ‘AAFIYAH”
Rasulullah shallalahu ‘alaihi wa sallam mengajarkan para sahabat ketika keluar menuju kubur dengan membaca doa di atas. Hadis di atas dari Sulaiman bin Buraidah, dari bapaknya. (HR. Muslim, no. 975).
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Tujuan utama ziarah kubur ada dua;
Pertama, tujuan yang manfaatnya kembali kepada orang yang berziarah, bentuknya mengingatkan orang yang berziarah akan kematian dan kehidupan dunia yang fana. Bekal utama mereka adalah iman dan amal saleh.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kedua, tujuan yang manfaatnya kembali kepada mayit, bentuknya adalah salam dari peziarah dan doa kebaikan untuk mayit, serta seluruh penghuni kubur lainnya. Orang mati yang sudah tidak mampu menambah amal, dia sangat membutuhkan doa dari orang yang masih hidup.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Maka ingatlah hal ini, tujuan utama berziarah adalah untuk mengingat kematian dan akhirat, bukan untuk meminta-minta kepada mayit yang sudah tidak berdaya lagi. Waktu ziarah pun bebas tanpa perlu mengkhususkan hari tertentu.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga bermanfaat 🙂

Sumber : Instagram / muslimmyway

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.

Categories: