Kita dianjurkan untuk membaca shalawat setiap kali menyebut nama Nabi shallallah… | Astaghfirullah

Kita dianjurkan untuk membaca shalawat setiap kali menyebut nama Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam atau mendengar nama beliau disebut. Anjuran ini berdasarkan hadis yang kami sertakan dalam gambar di atas.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Eh tapi pernah nggak sih mendengar ada orang yang ketika disebut nama Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam mereka lantas mengucapkan kata “صَلُّوْا عَلَيهِ” ?
Tau nggak artinya itu apa?
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kata “shollu” adalah fi’il amr (kata perintah), yang artinya “berikanlah shalawat”. Sedangkan kata “‘alaih..” artinya “kepadanya”.
Gabungan dua kata itu, “shollu ‘alaihi…” artinya berikanlah shalawat kepadanya.
Dengan kata lain, kalimat: “shollu ‘alaihi…” adalah perintah kepada orang lain untuk membaca shalawat, dan bukan bacaan shalawat itu sendiri.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Kita bisa perhatikan, perintah yang disebutkan dalam hadis di atas adalah perintah membaca shalawat untuk Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika kita menyebut nama beliau atau mendengar nama beliau disebut. Bukan perintah untuk memerintahkan orang lain agar membaca shalawat. Paham ya 🙂
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Ucapan shalawat yang paling minimal adalah “ALLAHUMMA SHOLLI ‘ALA MUHAMMAD”. Sedangkan bacaan shalawat yang paling bagus seperti bacaan shalawat Ibrahimiyyah yang kita baca saat tahiyat akhir.
ㅤㅤㅤㅤㅤㅤ
Semoga pembahasan ini bermanfaat, jangan lupa kasih tau saudara yang lain, kali aja mereka juga belum tahu 🙂

Sumber : Instagram / muslimmyway

Alhamdulillah yarham umat Muhammad. Allohumma Sholli Wa Sallim Wa Barik ‘ala Nabiyina Muhammad. Subhanalloh Wa Alhamdulillah Wa Laailaaha illa Alloh Allohu Akbar. Astaghfirullah Lilmuslimin Wal Muslimat. Jazakumullah sudah ikut men-share (membagikan) konten ini, semoga jadi amal jariyah untuk kebaikan dunia akhirat kita. Aamiin.

Categories: